Ruwat Bumi, Kirab Budaya Hasil Bumi dan Pagelaran Wayang Kulit Desa Gombong Tahun 2023

Kirab Hasil Bumi dalam rangka Ruwat Bumi Desa Gombong Senin, 07 Agustus 2023 bertempat di Lapangan Krida Widodo Desa Gombong. setelah beberpa tahun tidak mengadakan Ruwat Bumi semarak antusiasme warga desa Gombong dalam mengikuti acara tersebut luar biasa, kurang lebih 42 gunungan sayur dibuat dalam acara tersebut. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB diawali dengan pembukaan, menyanyiakan lagu Indonesia Raya, Sambutan-sambutan dan Do’a untuk kelancaran prosesi Kirab Budaya Hasil Bumi Desa Gombong.

Pemberangkatan peserta Kirab Budaya Hasil Bumi dilakukan oleh Camat Belik yaitu Bapak Mujianto, S.IP. Beliau berpesan agar dilaksanakan kirab dengan tertib.

Usai Kirab dilaksanakan warga berkumpul dan berebut gunungan sayur, dikirimkan juga ke luar desa Gombong karena berlimpahnya gunungan sayur yang dibuat dan agar warga diluar desa Gombong turut bisa menikmati sayur hasil bumi desa Gombong yang melimpah,  dilanjutkan Ruwat Bumi dengan dalang Ki Suwar Adi Prayitno kemudian pada malam harinya Pentas seni wayang kulit dengan dalang Ki Agus Susmono dan Bintang tamu Gareng (Bravo).

Kegiatan Ruwat Bumi sebagai wujud rasa syukur seluruh warga atas limpahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Permohonan doa agar segala hal buruk dijauhkan dari desa ini dan berharap agar masyarakat desa  dapat hidup makmur, damai, aman, dan tenteram.

Ruwat bumi desa memiliki nilai-nilai luhur yang bisa diturunkan kepada anak cucu. Setiap ruwatan digelar selalu menggunakan simbol gunung dengan maksud sebagai bumi yang selalu memberikan segalanya kepada petani. Dalam acara tersebut dengan kereatifitas masing-masing warga dibuat pula gunungan sayur berbentuk rumah, ayam, burung garuda dan lain sebagainya.

Masyarakat desa setempat turut membawa hasil bumi yang kemudian diarak berkeliling desa Gombong. sebagai kegiatan yang menjadi keunggulan dan perlambang wujud syukur kepada Sang Pencipta.

Toto Titi Tentrem Kertoraharjo, Gemah Ripah Loh Jinawi,  Gombong Desaku Salam Budaya Lestari Budaya.

About Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *