Pemdes Gombong Bagikan Masker dan Sabun

Pemerintah Desa Gombong tidak henti-hentinya melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 terlihat pada Senin (27/04), Perangkat desa beserta RW mempersiapkan pembagian masker dan sabun hal ini merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden RI, Bapak Joko Widodo mengingatkan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Beliau meminta agar masyarakat mematuhi imbauan tersebut.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto juga menyatakan bahwa kebijakan tersebut mengikuti rekomendasi dari WHO. Menyampaikan bahwa masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini diprioritaskan bagi dokter dan paramedis (repost instagram @bnpb_indonesia).

Sesuai dengan arahan tersebut masker yang dipersiapkan Pemerintah Desa pun dalam bentuk masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali, masker dan sabun dua (2) jenis barang tersebut dirasa sangat penting saat ini mengingat selain harus mengenakan masker kita juga harus sering-sering rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Meski terbilang mudah, masih banyak orang yang melakukan kesalahan sehingga meningkatkan resiko penularan Covid-19 Agar tidak salah langkah, berikut adalah beberapa panduannya, dilansir dari Healthline.

  • Tangan wajib bersih sebelum memakai masker
    Sumber penularan virus pertama datang dari tangan sehingga sebelum menggunakan masker kain sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Kemudian, dengan tangan yang bersih, barulah pasang masker.
  • Periksa apakah ada kain yang bolong atau rusak
    Dalam menggunakan masker kain, diwajibkan untuk memeriksanya terlebih dulu. Lihat, apakah ada bagian kain yang rusak atau bolong. Jika ya, maka penggunaannya harus diganti dengan yang baru sebab masker tersebut tidak bisa memberikan proteksi sebagaimana masker kain pada umumnya dalam menangkal mikroorganisme.
  • Masker kain tidak boleh longgar
    Masker kain memiliki banyak ukuran dan jenis. Sebaiknya untuk mendapatkan proteksi aman, pilih masker yang pas dan tidak longgar sebab ini bisa menjadi tempat masuknya virus dan bakteri. Pastikan pula masker kain bisa menutupi seluruh area hidung, mulut, hingga ke dagu.

Harapan Kepala Desa Gombong setelah ini warga dapat mematuhi himbauan yang ada yakni mengenakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

About Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *