Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020

Dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia  Pemerintah Desa Gombong ikut berperan serta mensukseskan program tersebut  yang sebelumnya telah melakukan pembagian leaflet dan poster langkah pengisian sensus penduduk online dan kemudian pada  Kamis (11/03), melaksanakan sosialisai sensus penduduk online 2020 di Balai Desa Gombong yang bertujuan memberi wawasan bagi warga masyarakat desa Gombong dengan melibatkan  ketua RT dan RW dalam penginputan data melalui sensus penduduk online . Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dihadiri Tim Pendamping dari BPS Pemalang serta Ketua RT dan RW se-desa Gombong,  diawali sambutan dari Bapak Witro yang menyampaikan  setelah sosialisasi ini dilaksanakan agar ketua RT dan RW dapat meneruskan informasi serta membimbing warga sekitar untuk dapat berperan serta dalam sensus penduduk online. “Apabila kesulitan dapat menghubungi petugas BPS yang ada di desa Gombong Soakan RT 006 RW 003 yaitu Mbak Winda dan Mbak Aida, dapat pula ke balai desa Gombong dengan menghubungi  perangkat desa yang siap sedia membantu.” Imbuhnya

Acara dipandu tim pendamping dari BPS Pemalang mengajari ketua RT dan RW secara langsung, ketua RT dan RW yang hadir begitu antusias mereka menyiapkan berkas-berkas yang telah mereka bawa. Adapun langkah-langkah pengisian SPO sebagai berikut :

  1. Siapkan dokumen kependudukan (KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah/Cerai)
  2. Masuklah ke laman sensus.bps.go.id
  3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) anda
  4. Klik kotak kosong pada Capctha lalu klik “Cek Keberadaan”
  5. Jika pertama kali melakukan akses akses pada SPO, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai. Lalu kilk “Masuk”
  6. Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya
  7. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik “Mulai Mengisi”
  8. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai
  9. Ikuti petunjuk yang ada dan jawblah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya
  10. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”
  11. Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email anda dengan mengisikan alamat email.

Akses sensus penduduk online akan berakhir pada 31 Maret 2020 diharapkan warga desa Gombong dapat segera mengisi  data pada laman sensus.bps.go.id terutama pada generasi muda yang lebih mengetahui teknologi. Karena informasi penduduk tersebut sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia.

About Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *