Lingkungan Bersih Cermin Hidup Sehat

Kerja Bhakti Membersihkan Pertigaan Wringin
Kerja Bhakti Membersihkan Pertigaan Wringin

warga desa Gombong mulai sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan hal ini terlihat dari kegiatan warga yang setiap hari jum’at melakukan kegiatan jum’at bersih salah satunya warga Dusun Gunung Kembang di RT 008 RW 002 melakukan bersih-bersih baik didalam teras pekarangan rumah masing-masing maupun disepanjang jalan RT 008 tersebut dan pada hari ini Jum’at (10/01) warga beserta  Kepala Dusun Gunung Kembang dan mahasiswa KKN dari  UNDIP  bergotong-royong membersihkan pertigaan wrigin RT 005 RW 002 dimana jalur tersebut cukup ramai kendaraan berlalu lintas dan kerap beberapa kendaran memarkirkan kendaraannya untuk sejenak beristirahat, ditengah pertigaan tersebut terdapat tempat duduk serta pohon beringin yang cukup rindang sehingga banyak orang yang memilih beristirahat disitu.

Kepala Dusun Gunung Kembang bapak karyono menyampaikan “saya harap warga yang lain dapat mengikuti  kegiatan jum’at bersih tersebut sehingga terwujud lingkungan yang bersih, sehat dan indah. Kebersihan dan kesehatan merupakan kebutuhan diri atau pribadi masing-masing individu sehingga jika diri pribadi kita tidak memulainya terlebih dahulu maka tidak mungkin akan terwujud lingkungan yang kita harapkan” ujarnya

Berikut artikel Pentingnya kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada hamba-Nya, Kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar penyakit. Karena kesehatan tidak ternilai harganya. Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.

Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.
Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:

  1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
  2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
  3. Bebas dari polusi udara.
  4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
  5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, pokoknya masih banyak lagi.
Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih.

Selain hal yang disampaikan diatas kita juga harus saling mendukung agar tercapainya tujuan kita dalam menjaga kesehatan lingkungan bersama, agar tidak terjadi penyakit ataupun hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang, serta agar lingkungan kita tetap bias dinikmati hingga anak cucu kita kelak.
Berikut Tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan:

  1. Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.
  2. Selalu Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
  3. Sertkan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan.
  4. Perbanyak tempat sampah di sekitar lingkungan anda;
  5. Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberi imbalan yang sesuai setiap bulannya.
  6. Sosialisakan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.
  7. Pelajari teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk;
  8. Kreatif, Dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah.
  9. Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.

 

 

About Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.