Tradisi Taunan Ruwat Bumi Desa Gombong

Penyerahan Tokoh Wayang
Penyerahan Tokoh Wayang

Selasa (24/09), Desa Gombong mengadakan tradisi taunan yaitu pagelaran wayang kulit dalam rangka ruwat bumi. Ruwat Bumi, yaitu ritual manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang telah diperoleh dari hasil bumi. Tujuannya selain rasa syukur  tadi  sekaligus sebagai tindakan tolak bala dan penghormatan terhadap para leluhurnya.

 Ruwat bumi masih dipelihara dan dijalankan dengan sangat khidmat oleh masyarakat Desa Gombong sesuai yang diwariskan orang-orang tua dahulu, antusiasme warga begitu terasa terlihat  dari banyaknya warga yg mengikuti acara tersebut.

Acara berlangsung sehari semalam pada pagi harinya acara dipimpin dalang ruwat yaitu Ki Dalang Reno dari Purbalingga setelah ngidung tolak bala warga berebut hasil bumi (kacang-kacangan, talas, ganyong,jagung dsb ) kemudian dilanjutkan pagelaran wayang kulit pada malam hari oleh dalang muda Ki Agus Susmono S.Sn dari Cilacap dengan lakon Gatot Kaca Mbangun Karsa.

Acara dibuka sambutan dari Kepala Desa Gombong ibu Hadiatun N. yang dalam sambutannya menyampaikan “ Generasi muda ayo lestarikan tradisi kita jangan sampai tergerus zaman akibat modernisasi dan arus globalisasi “. Ujarnya

Acara selesai sekitar pukul 04.00 WIB dini hari.

 

 

About Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *