Pelaksanaan Posbindu Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

Kepala Desa Gombong beserta Perangkat Desa dan beberapa kader PKK mengikuti senam Posbidu
Kepala Desa Gombong beserta Perangkat Desa dan beberapa kader PKK mengikuti senam Posbidu

Masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi saat ini adalah makin meningkatnya kasus. PTM adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman termasuk penyakit kronis degeneratif, antara lain penyakit jantung, diabetes melitus (DM), kanker, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) untuk itu Selasa (13/08) Pemerintah Desa Gombong mengadakan pelayanan Posbindu PTM.

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas,stres,hipertensi,hiperglikemi,hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Acara dibuka dengan melakukan senam bersama dengan dipandu tim dari UPT Puskesmas Belik yang kemudian dimulai pendaftaran dalam pelayanan tersebut kita dapat cek kesehatan diantaranya cek kolesterol, cek gula darah, cek asam urat  dan cek tensi darah.

Sebelum melakukan pengecekan dilalakukan pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar perut terlebih dahulu. Dalam pelayanan tersebut dibebankan biaya pengecekan.

Cek Kolesterol                         = Rp. 20.000

Cek Gula Darah                       = Rp. 15.000

Cek Asam Urat                        = Rp. 15.000

” karena ini mandiri walaupun mempunyai  kartu kesehatan BPJS PBI maupun nonPBI tetap dikenakan biaya “ Ujar bidan desa Gombong Heni Susdaryanti

“Yang penting berangkat senam kita senang-senang kita cegah dan deteksi dini penyakit tidak menular “. Imbuhnya

Acara selesai setelah dipastikan tidak ada lagi warga yang akan melakukan cek kesehatan dan bidan desa Gombong memastikan kepada semua kader agar menginfokan pelayanan posbindu ini untuk cek kesehatan bukan pengobatan.

 

About Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.