Desa Gombong Raih Penghargaan Peringkat 1 Desa Mandiri Pangan

Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. Gubernur Jateng sedang memberikan penghargaan

Pemberian Penghargaan oleh Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. Gubernur Jateng

Jum’at (25/10), Kelompok Tani Desa Gombong yaitu kelompok tani Tunas Muda meraih penghargaan peringkat 1 kategori Desa Mandiri Pangan dalam lomba Adikarya Pangan Nusantara di acara Hari Pangan Sedunia ke -39 Provinsi Jawa Tengah yang bertempat di halaman Kampus III IAIN Salatiga, penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP.  Ketua kelompok tani Bapak Ratno Al Bahrudin hadir bersama Bapak Muntoha SP.MM dari  Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang bidang Ketahanan Pangan, dan juga Mbak Citra Mukharomi  selaku pendamping Desa Mandiri Pangan. Sebelumnya tim verifikasi melakukan penilaian terhadap kelompok tani tunas muda yaitu pada Rabu (02/10) di Desa Gombong lebih tepatnya di Dusun Gunung Kembang Dukuh Silemped  RT 008 RW 002, meninjau langsung kegiatan apa saja yang dilakukan oleh kelompok tani tersebut, yang beranggotakan 23 orang. Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu pertemuan kelompok rutin setiap bulan pada hari jum’at pon, mengikuti pelatihan, mengelola ternak kambing dan juga membuat pupuk organik padat dan cair hasil dari kotoran ternak tersebut. Pada tahun 2016 dan tahun 2018 kelompok tani tersebut mendapatkan bantuan cabai  dan juga bantuan kambing sebanyak 30 ekor yang telah berkembang biak menjadi 74 ekor.

Sedangkan untuk para wanita ikut serta dengan menjual sayur organik dan tanaman hias pada event tertentu dengan harga jual yang cukup tinggi memanfaatkan produk lokal yakni menghasilkan produk olahan makanan seperti kripik singkong krispi, dodol labu, matarip dan kroket kentang.

“perkembangan kelompok tani tunas muda sangat bagus baik dalam kegiatan maupun keguyuban kelompok” ujar Bapak Afin kurnianto selaku penyuluh pertanian lapangan.  “dari keempat kelompok yang saya dampingi memang kelompok tunas mudalah yang cukup menonjol “ imbuh  mbak citra pendamping DMP.

About Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *